Kebutuhan Peralatan Flying Fox

KEBUTUHAN PERALATAN FLYING FOX

Dalam aktivitas kegiatan wisata outbound, ada berbagai jenis wahana atau permainan yang sering kita gunakan. Salah satu dari jenis permainan tersebut yang sering kali terdapat dapat sebuah lokasi wisata wahana outbound adalah permainan Flying Fox. Agar kita tidak hanya sekedar dapat melakukan permainan flying fox tersebut, ada baiknya rekan-rekan sekalian juga mengetahui sedikitnya tentang standar peralatan outbound untuk wahana flying fox sering digunakan, terutamaperalatan flying fox yang berkaitan dengan alat pelindung diri atau APD yang memenuhi standar keamanan.

Carrabiner
Carrabiner atau cincin kait adalah merupaka salah satu peralatan flying fox yang sering ada dan digunakan. Fungsi dari carrabiner ini dalam wahana flying fox, salah satunya adalah sebagai alat penghubung atau connector baik dari sabuk pengaman yang dkenakan oleh orang yang akan bermain flying fox juga secagai alat penghubung dari pullay ke tali pengaman tubuh. Carrabiner dalam peralatan flying fox termasuk kedalam kategori peralatan safety, bahan dari carrabiner ada yang berbahan allumunium alloy dan juga berbahan baja. Sedangkan dari bentuknya ada berbagai bentuk yaitu carrabiner oval, carrabiner Delta dan lain-lain.

Sit Harnesses dan Full Body Harnesses
Peralatan flying fox lainnya yang tidak kalah penting sebagai peralatan safety dalam permainan flying fox adalah Sit Harnesses dan Full Body Harnesses. Seat Harnesses dan Full Body Harnesses ini adalah peralatan yang digunakan sebagai sabuk pengaman dan ditempatkan pada bagian paha hingga pinggang dan bahu. Perbedaan antara sit harnesses dan full body harnesses adalah pada bagian tubuh kita yang terlindungi, jika sit harnesses dari pangkal paha hingga pinggang sedangkan full body harnesses dari pangkal paha hingga bahu. Baik sit harnesses atau pun full body harnesses sama-sama memiliki loop atay lubang untuk menambatkan carrabiner pada bagian depan dan kalau full body harnesses sering juga dilengkapi loop atau lubang ring pada bagian belakangnya. Dari sisi kekuatan, biasanya dalam setiap intruksi penggunaannya akan terdapat informasi mengenai kekuatan maksimal baik dari sit harnesses dan juga full body harnesses.

Helm atau Helmet Flying Fox
Helm dalam permainan outbound di ketinggian merupakan peralatan yang harus digunakan, alat itu berguna untuk melindungi kepala kita dari benturan. Helm yang banyak digunakan saat ini untuk permainan flying fox adalah helm yang berbahan plastic. Ada berbagai merk helm yang dapat digunakan untuk menjadi peralatan flying fox, dari mulai helm produk local hingga helm produk import. Helm produk import salah satu produk yang baik adalah bermerk Petzl.

Webbing atau Slink Nylon
Webbing dalam wahana flying fox, berfungsi sebagai tali anchore untuk mengamankan orang sebelum melakukan permainan flying fox atau dapat juga dikategorikan sebagai pengaman sementara. Webbing yang sering digunakan adalah yang berbahan dasar serat nylon dengan lebar 2,5 cm.

Tali Rem Flying Fox dan Stopper
Peralatan outbound yang tidak kalah pentingnya adalah Rem atau Stopper . Rem atau stopper dalam permainan flying fox berfungsi untuk membatasi atau memberhentikan daya luncur ketika kita akan tiba di titik pemberhentian, hal ini tentunya untuk menjaga agar saat akan sampai di titik finish flying fox, kita tidak terbentur atau melebihi jarak lintasan, sehingga dapat terhindar dari benturan dengan titik anchore slink baja, sedangkan tali rem flying fox adalah sebagai penahan atau pengatur dari seperangkat peralatan rem atau stopper tadi yang tergantung dengan slink baja. Tali rem flying fox dapat menggunakan tali carnmantel static atau tali layar. Stopper atau rem flyoing fox, biasanya yang sering digunakan adalah yang terbuat dari per spiral atau bisa juga dengan menggunakan telor angsa yaitu sebutan untuk pelampung yang sering digunakan untuk jarring ikan di laut.
Masih banyak lagi peralatan flying fox yang sering digunakan, dan nanti akan kita bahas lebih lanjut.
Bersambuuuuuung

TABULA ADVENTURE

Telp. 08112033481-08122226348

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *