Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Permainan Tali Ketinggian - Tabula Adventure

PERMAINAN TALI KETINGGIAN HI ROPE COURSE

TABULA ADVENTURE – Salah satu yang mendukung dalam menjual Jasa Outbound adalah sarana atau wahana yang akan dijual, selain sebagai pelengkap dari program atau paket outbound yang akan dijual kepada publik, wahana outbound juga akan memberikan masukan yang signifikan terhadap income perusahaan jika kita mampu menjualnya secara terpisah dari paket-paket outbound, wahana tersebut diantaranya :

Hi Rope Games/Rope Course
Permainan Tali Ketinggian atau Hi Rope, awalnya permainan ketinggian ini digunakan pada kalangan militer untuk melatih kemampuan kecepatan, ketangkasan serta mental. Namun sesuai dengan pergeseran waktu, wahana Permainan Tali Ketinggian dijadikan sebagai media untuk aplikasi pada aktivitas outbound bagi kalangan sipil. Terlepas dari itu semua, saat ini ternyata kegiatan Hi Rope ini pun dijadikan konsumsi bagi publik, baik sebagai sarana pelengkap dalam program-program outbound maupun hanya sebatas sebagai salah satu media wisata outbound.

Mungkin kecenderungan masyarakat untuk lebih mudah menyebutkan sesuatu yang sering terlihat tetapi tidak begitu mendalami detil aktivitasnya, sehingga apapun aktivitasnya itu baik Hi Rope Activity, team Building Activity yang dilakukan dengan simulasi-simulasi ringan di darat dengan menggunakan alat, dan ketika aktivitas tersebut ternyata dijadikan konsumsi publik untuk hiburan semata, maka mereka menyebut kegiatan tersebut pun adalah outbound. Padahal secara harfiah outbound sendiri adalah di luar, di luar disini maksudnya adalah berada jauh dari zona kebiasaan/rutinitas, yang bertujuan baik itu pengembangan prilaku individu atau team melalui aktivitas yang dilakukan di alam bebas dengan memanfaatkan variasi-variasi alam yang ada dan juga sarana yang memang sengaja dibuat untuk tujuan simulasi kegiatan Pelatihan atau Outbound Training.

Baca Juga : Pembangunan Wahana Outbound

Hi Rope atau permainan tali ketinggian sendiri adalah aktivitas di ketinggian yang memiliki ragam cara dalam pelaksanaanya, sehingga baik material dan juga tehnik melakukannya setiap tipe aktivitas akan berbeda-beda, dan semua tipe aktivitas hi rope memiliki tingkat resiko/bahaya yang tinggi, namun resiko yang di ketinggian ini dapat menjadi zero risk jika kita memenuhi standar safety, yang tercakup di dalam :

  1. Konstruksi dari bangunan Permainan Tali Ketinggian yang memenuhi standar layak baik dari segi matrial/bahan dan juga kekuatan serta daya tahan berdasarkan proses pengerjaan serta bahan baku yang sesuai spesifikasinya.
  2. Instalasi Permainan :
    Setelah selesai dibangunnya Tiang-tiang Anchore yang berfungsi sebagai tambatan/anchore bagi instalasi permainan, selanjutnya adalah proses pemasangan wahana tersebut agar bisa digunakan. Permainan hi rope memiliki banyak tipe dan jenis serta tehnik bermainnya yang berbeda-beda. Oleh karena dalam proses pemasangan instalasi permainan harus memenuhi kaidah-kaidah safety, kenyamanan bagi pelakunya, keamanan pada saat penggunaan baik bagi safety master dan juga pelakunya, yang diperoleh dari matrial yang digunakan, tehnik pemasangan safety line, penempatan safety line dan juga matrial berdasarkan hitungan kenyamanan, keamanan dan lainnya. Gunaanlah slink baja yang sesuai dengan standartnya, janga asal pilih, karena bahan serta ukuran yang tidak tepat rentan akan resiko cepat rusak dan putus. Ada baiknya sebelum membuat berkonsultasilah dengan pihak-pihak yang memang ahli dalam bidangnya.
  3. Safety Equipment, diperoleh dari penyediaan alat bantu pengamanan yang khusus untuk berkegiatan di ketinggian yang sesuai dengan standar international, yaitu yang telah dilakukan pengujian terhadap peralatan tersebut dan mendapatkan sertifikasi, peralatan tersebut tercakup :
  • Pengaman tubuh : Seat Harnesses, Full Body, Carnmantel, Helm, Slink Webbing
  • Pengaman lintasan : Slink Baja, Pullay
  • Alat bantu lainnya berupa Pullay, Carrabiner.
  1. Sumber Daya Manusia : Sumber Daya Manusia yang akan menjadi Safety Master dalam menangani permainan Hi Rope, mutlak merupakan individu-individu yang paham dan memiliki skil mengenai baik penggunaan peralatan safety, perawatan dan cara menangani /melakukan pada saat proses penggunaan wahana, tehnik pengamanan pelaku.

JENIS-JENIS HI ROPE/Rope Course
Permainan hi rope ini, corelasinya dengan proram outbound adalah dalam hal pengembangan kemampuan individu yang berkaitan dengan psykologis motoric, sensorik. Hal ini dikarenakan dalam Permainan Tali Ketinggian ini dituntut rasa berani, keseimbangan, gerak dan rasa tenang ketika melakukannya, sehingga Permainan Tali Ketinggian ini kerap sekali dihubungkan dengan peningkatan cairan adrenalin dalam tubuh. Selama dalam wilayah aman, permainan ini sangat baik untuk mengasah sisi motoric, sensorik, keseimbangan dan mental dari tiap individu yang melakukannya.

Baca Juga : Pembangunan Climbing Wall

Jenis Permainan Ketinggian / Rope Course
BEBERAPA JENIS WAHANA KETINGGIAN / ROPE COURSE
– FLYING FOX
– BURMA BRIDGE

  • BAMBOO BRIDGE
  • BRECELET LINE
  • CARGO NETT
  • CROSS ROPE
  • ELVIS LINE
  • ELVIS LINE
  • HI- VI
  • HANGING BRIDGE
  • JUMPER BALL
  • Dan lain -lain

Pemilihan permainan hendaknya disesuaikan dengan segmentasinya, serta peruntukannya dan manfaat yang hendak diberikan, hal ini dapat didasarkan pada tujuannya :

  • Untuk Hiburan/wisata
  • Melatih daya gerak, sensorik, motorik
  • Melatih mental Individu
  • Usia Pelaku

Untuk tingkat kesulitan setiap Games ketinggian/Rope Course hendaknya disesuaikan dengan tingkatan umur pelakunya, peruntukkan untuk anak akan berbeda jenis permainannya serta tingkat kesulitannya dibandingkan dengan permainan untuk dewasa.

SYSTEM ANCHORE PERMAINAN KETINGGIAN/Rope Course
System anchore untuk permainan Hi Rope, dapat dibuat dengan system :

  1. Membuat Tower- tower Anchore baik menggunakan Pipa Besi, atau Besi Siku, yang kekuatannya mengacu pada standar keamanan baik bahan, system pondasi dan juga safety equimentnya. Pada System anchore ini, semua permainan dapat dijadikan rangkaian games yang berkesinambungan, artinya pelaku dapat melakukan perpindahan wahana ketika bermain, secara bertahap, dari wahana satu ke wahana lainnya.
  2. Tree Top : System ini, adalah menggunakan pohon-ppohon yang besar dan kuat sebagai anchore dari setiap instalasi pengaman permainan. Diameter pohon setidaknya berkisar antara 30-40 cm, serta memiliki akar yang kuat dan masih hidup. Pada system ini pun sama, pelaku dapat melakukan perpindahan wahana ketika bermain, hanya untuk membuat wahana multy line, dibutuhkan banyak pohon.

TEHNIK PENGAMANAN PELAKU
Untuk pengamanan pada saat bermain, ada beberapa tehnik :
1. Dengan tehnik Belayer : yaitu pelaku ketika melakukannya diamankan oleh seorang safety master
2. Self Belay : Pelaku mengamankan dirinya sendiri tanpa bantuan operator ketika melakukannya dan saat perpindahan wahana.

Tabula Adventure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya: