Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Pembangunan Wahana Outbound

Tiang Anchore Pembangunan Wahana Outbound 

BANDUNG, TABULA ADVENTURE: Seperti kita ketahui pembangunan wahana outbound saat ini, di berbagai wilayah Indonesia banyak memiliki perbedaan khususnya dalam pengggunaan tower yang menjadi tiang anchore wahana outbound atau hi rope.

Ada yang menggunakan tiang anchore besi, sebagai anchore utama untuk menambatkan sling-sling baja atau wire yang akan dijadikan lintasan pengaman juga sebagai ikatan dari matrial wahana outbound hi rope. Biasanya wahana outbound yang menggunakan besi sebagai tiang anchore utamanya, memiliki sebutan wahana Hi rope Games atau Rope Course atau Multi Line Hi Rope Games, namun pada intinya permainan wahana outbound yang dibangun masih tetap sama, prinsipnya adalah permainan ketinggian, dimana para pengguna melakukan aktivitas pada ketinggian tertentu dnegan menggunakan pengaman berupa APD (Alat Pelindung Diri) dan juga pengaman lintasan permainan wahana outbound.

Baca Juga : TABULA ADVENTURE PRODUSEN CLIMBING WALL DI JAWA BARAT

Selain tiang anchore besi, dikenal juga permainan Tree Top, masih dengan prinsip sama yaitu aktivitas wahana outbound di ketinggian. Hanya saja model wahana outbound Tree Top ini, memang memiliki kelebihan tersendiri, dimana tiang anchore yang digunakan adalah pohon hidup dengan diameter tertentu, selain itu sistem pengaman pengguna aktivitas permainan wahana outbound model tree top ini juga memiliki kelebihan dalam teknik pengamanannya, yaitu pengguna permainan tree top mengamankan dirinya sendiri dengan menggunakan Alat Pengaman berupa Lanyard dan Carabiner, alat pendukung berupa APD (Alat Pelindung Diri) berupa helm, seat harnesses atau full body harnesses.

Yang menjadikan Wahana tree top ini simple adalah dimana tidak dibutuhkannya pengaman orang atau Belayer yang mengamankan pengguna permainan saat sedang beraktivitas di ketinggian. Berbeda dengan permainan wahana outbound terdahulu, dimana setiap lintasan saat dimainkan, maka harus disiapkan seorang Belayer pada setiap lintasan permainan yang digunakan. Namun lambat laun, saat ini permainan wahana outbound dengan menggunakan tower besi sebagai tiang anchorenya sudah mengikuti sistem pengamanan yang diterapkan seperti pada wahana tree top.

Pada prinsipnya semua memiliki kesamaan, yaitu mengutamakan safety procedure, jika wahana outbound hi rope konvensional lebih banyak menggunakan tenaga Belayer dan tetap diperlukannya briefing sebelum pengguna melakukan aktivitasnya, maka sistem pengamanan wahana tree top pun, sebelum pengguna beraktivitas, akan diberikan briefing terlebih dahulu oleh safety master, yang bertujuan untuk memberikan edukasi tentang teknik-teknik pengamanan diri saat akan dan sedang melakukan aktivitas permainan tree top.

Baca Juga : Jasa Pembangunan Wahana Outbound

Wahana Outbound Tree Top dibangun, memang memberikan kemudahan dan kesederhanaan bagi pelaku atau wisatawan pengguna wahana outbound, baik dari segi penggunaan belayer dan juga alat pengamannya. Hanya saja memang, semakin inovatifnya sebuah teknologi, sudah tentu dituntut juga keprofesionalismean kita sebagai penyelenggara wisata outbound wahana ketinggian, yang tidak hanya sekedar berupaya mencari keuntungan saja, tetapi jelas seperti halnya wahana tree top, tanpa kita sadari telah memberikan kontribusi berupa edukasi dalam memahami sistem keamanan sebuah wahana outbound atau hi rope games.

TABULA ADVENTURE

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya: