Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Outbound Di Indonesia

OUTBOUND DI INDONESIA (Catatan Kecil) 

TABULA ADVENTURE – Outbound activity atau pun pelatihan pengembangan karakter dan apapun namanya hingga saat ini, awal mula masuk ke Indonesia kisaran tahun 90-an, awal mulanya outbound (sengaja menggunakan kata outbund karena sudah terlanjur dikenal) masuk ke Indonesia.

Berisikan dengan program-program pelatihan yang khusus bagi kalangan terbatas, maksudnya kalangan terbatas di sini adalah merupakan perusahaan-perusahaan yang memang ingin menggunakan jasa vendor atau lembaga-lembaga Pelatihan Pengembangan karakter baik bagi kalangan Low Managemen, Middle Management hingga level Top Managemen, dengan kegiatan atau aktivitas yang dikombinasikan antara kegiatan ruang kelas (in door) dengan kegiatan luar kelas (out door).

Yang menarik dalam kegiatan outbound ini adalah, adanya kombinasi antara kegiatan tersebut, dimana kegiatan outdoor diisi dengan aktivitas-aktivitas yang menuntut kesiapan fisik dan stamina yang prima dari setiap pelakunya, yang lebih menarik lagi dari aktivitas luar ruangan ini adalah, aktivitasnya? cenderung banyak diisi dengan aktivitas yang menantang (outdoor activity) diantaranya Arung Jeram, Permainan Tali Ketinggian atau Hi Rope, Rock Climbing, serta diisi juga dengan kegiatan seperti Navigasi Darat. Alhasil semua kegiatan tersebut bukanlah kegiatan yang ringan, apalagi dengan medan pelatihan langsung dilakukan di alam bebas.

Baca Juga : Pembangunan Wahana Outbound

Tujuan Pelatihan Outbound dilakukan di Alam Bebas hal ini adalah untuk langsung menterjemahkan baik itu prilaku hingga karakter dari tiap pelakunya. Oleh karena itulah sebuah kemasan Program Pelatihan Outbound melibatkan banyak unsure dalam aplikasinya, bukan sebuah aktivitas yang kosong tentunya secara program yang dibuat dan akan diberikan kepada para pelaku.

Pada era 90-an yang namanya Program Outbound Training memiliki lagi turunan-turunan atau sub program yang akan diberikan kepada para pengguna jasa Pelatihan Outbound Di Indonesia, hal tergantung dari tujuan yang hendak dicapai dari sebuah pelatihan outbound serta profil dari peserta yang akan mengikuti program pelatihan outbound tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa apapun namanya, sebuah Pelatihan Outbound Di Indonesia adalah merupakan kolaborasi dari berbagai disiplin ilmu dalam penerepannya ( hibride Sience ), baik itu ilmu Psikolgy, Ilmu mengenai Mountainerring juga ilmu Management dan lainnya, sehingga tidaklah sembarangan sebetulnya orang-orang atau lembaga yang bisa memberikan jasa pelatihan outbound ini?..Salute bagi para pelopor Dunia Outbound di Indonesia !!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya: