Tabula Adventure, ELEGI (kecil) TENTANG ALAM

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
tabula adventure

ELEGI (kecil ) TENTANG ALAM 

TABULA ADVENTURE – Jangan pernah menggeserkan dan meniadakan apa yang telah menjadi pakem dari alam terhadap manusia!!!

Kalimat diatas dapat dipahami sebagai sebuah nasehat kepada seluruh umat manusia,  bahwa sekecil apapun cara alam memperlakukan manusia, haruslah dijadikan sebuah upaya bagi manusia untuk selalu mengerti akan tata cara alam memperlakukan manusia.

Ya… Alam tidak akan pernah merubah cara ia memperlakukan manusia sampai kapanpun, oleh karena itu segala apapun yang telah didapatkan oleh manusia dalam proses ia memahami alam yang menjadi sebuah pengalaman berharga dan bermanfaat bagi manusia-manusia lainnya, sehingga manusia semakin mengerti dan paham cara ia berlaku dan memperlakukan alam dimana pun dia berada untuk berpetualang.

Manusia akan lebih dulu belajar memahami alam, setelah diperolehnya peringatan dari alam sebagai sebuah konsekuensi terhadap setiap kesalahan yang telah dilakukan, adalah   sebuah proses belajar yang mahal dengan jiwa sebagai pengorbanannya.

Sebagai generasi era teknologi tinggi, tidaklah patut jika kita yang lebih maju dan dimanjakan oleh teknologi, justru mengikis nilai-nilai dan norma-norma yang telah diperoleh selama ini oleh manusia-manusia terdahulu. Justru dengan teknologi yang lebih maju sehingga menjadikan berbagai kelengkapan manusia untuk berpetualang di alam bebas lebih lengkap maka pekerjaan kita sebagai petualang muda haruslah lebih mumpuni dalam segala aspek terutama keamanan dalam beraktivitas.

Baca Juga : Pembangunan Wahana Outbound

Perlengkapan yang digunakan dari ujung kaki hingga ujung kepala dengan berbagai brand,  bukanlah sebuah jaminan bagi para adventurer untuk tetap mampu bertahan hidup dengan tanpa dilandasi mental positif ketika berpetualang. Mental positif, daya juang untuk tetap bertahan hidup, diperoleh melalui proses-proses yang dilalui dari waktu ke waktu dengan diisi interaksi yang intens kepada alam melalui berbagai aktivitas.

Teknologi adalah sebagai salah satu penunjang dalam upaya mendapatkan rasa nyaman dan aman ketika beraktivitas, namun prilaku manusianya yang paham dan mengerti cara berlaku dan memperlakukan alam adalah kelengkapan yang paling ampuh agar rasa nyaman dan keamanan terhadap diri sendiri dan orang lain tetap hadir.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperoleh rasa nyaman dan aman selama beraktivitas di alam bebas, selain dengan perlengkapan yang memiliki standar safety, hal lainnya adalah berupaya untuk selalu meningkatkan skill ketika beraktivitas di alam serta menambah pengetahuan-pengetahuan baik melalui berbagai literature buku, juga melalui sharing terhadap orang-orang yang memang memiliki jam terbang tinggi sebagai adventurer.

Pergeseran zaman, bukanlah alasan untuk menghilangkan apa yang sudah menjadi pakem alam ketika manusia berlaku salah, justru kesalahan itu ada pada kita yang lebih dulu tahu tetapi tidak menyampaikan. Akan lebih tidak manusiawi, jika kita tahu namun tidak memberitahu terhadap yang belum tahu dan ia salah….

Alam Tabula Adventure
Tabula Adventure

 

Tingginya gunung bukan untuk ditaklukan, derasnya arus bukan untuk dilawan, terjalnya tebing bukan untuk dihancurkan, curamnya dan gelapnya gua bukan untuk dilawan, tetapi  semua itu adalah sebagai upaya untuk mewujudkan rasa dan jiwa expolorasi kita, sehingga titik imbang antara jiwa petualang dengan media berpetualang dapat bersinergi dan selaras, dan bagi individunya selau tercapainya keseimbangan antara fisik dan mental ketika pergi dan pulang dari petualangannya.

Baca Juga : Pembangunan Climbing Wall

( Tulisan ini didekasikan sebagai rasa cinta terhadap para petualang muda )

Tabula Adventure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Lainnya: