Cerdas Membangun Wahana Outbound

CARA CERDAS MEMBANGUN WAHANA OUTBOUND
Wahana outbound, saat ini bukanlah barang baru lagi, terutama di kawasan Pulau Jawa. Berbagai jenis serta fungsi wahana outbound telah banyak dibangun dimana-mana, terutama di kawasan wisata baik wisata natural atau alam atau wisata dengan lokasi yang sengaja dibuat sedemikian rupa.

Diantara berbagai jenis wahana outbound yang sering dibangun adalah jenis permainan Hi Rope yaitu permainan ketinggian. Hi Rope atau permainan wahana outbound di ketinggian, memiliki berbagai kategori permainan, mulai dari berjalan, loncat serta merayap dengan horizontal, intinya semua permainan berada di ketinggian dan dipasang peralatan pengaman agar para pelakunya tetap selamat dalam memainkan permainan wahana outbound hi rope.
Namun yang perlu kita perhatikan, jika ingin membangun wahana outbound, bukanlah jumlah jenisnya yang banyak dan juga peralatan safetynya yang mutlak harus memiliki standar keamanan yang sesuai peruntukkannya. Tetapi juga sebuah prospek dari permainan yang dibangun terutama pada anchorenya, hendaklah dapat digantikan dengan jenis permainan lainnya ketika dirasakan permainan lama tersebut sudah using atau para penggunanya merasa bosan. Pada kondisi inilah kita harus paham dalam membuat rancang bangun dari kontruksi anchore wahana outbound hi rope yang akan dibuat, sehingga jika kelak ada perubahan jenis permainan, kita tidak perlu lagi harus membuat tower hi rope baru.

Yang perlu diperhatikan lebih dulu, ketika berencana untuk membangun wahana outbound dengan jenis Hi Rope, adalah pilihan dari jenis permainan yang akan kita buat beserta jumlahnya. Dari tahapan ini lalu dapat kita uraikan tower outbound/hi rope seperti apa yang akan kita buat, kemudian lanjutkan ke tahapan permainan yang nantinya akan menggantikan permainan-permainan lama ketika dirasa sudah using atau bosan. Dari semua tahapan tersebut, rancang bangun kontruksi tower wahana outbound dapat kita buat dan sesuaikan dengan jenis-jenis permainan yang multi activity, sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan kocek besar untuk membuat tower baru, yang dibutuhkan hanyalah pengeluaran untuk pembelian matrial games hi rope yang baru. Begitu juga dengan instalasi safety line pun tidak perlu membuat baru, hanya cukup menggeser atau tetap pada jalur semula.

Sudah saatnya kita menyiasati rancang pembangunan wahana outbound, baik untuk ditempatkan di lokasi wisata atau pun untuk wahana outbound hi rope yang dibangun khusus untuk penyelenggaraan training outbound.

Tabula Adventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *