Trip Wisata Off Road Dan Arung Jeram

TRIP WISATA OFF ROAD ARUNG JERAM CIKOLE – SUBANG
Perjalanan wisata kali ini, mencoba untuk mengkombinasikan antara wisata off road Land Rover di kawasan Cikole Lembang kemudian dilanjutkan dengan wisata arung jeram atau wisata rafting di Sungai Cipunagara Subang, dua jenis wisata yang berbeda dari darat dan berakhir di air.

Pagi sekali sekitar pukul 06.00, kami sudah berkumpul di Villa yang berada di kawasan Villa Lembang Asri dan kendaraan Off Road yang akan kami tumpangi pun sudah berjejer rapih dan memanjang, siap membawa kami untuk memasuki route-route yang berupa kubangan, lumpur serta tanjakan dan turunan yang curam.

Kendaraan Land Rover ini, memang saat ini merupakan kendaraan yang bisa dijadikan teman bagi anda yang ingin menikmati sensasi wisata dalam bentuk lain, kendaraan yang berasal dari Inggeris ini, merupakan kendaraan dengan double garden atau memiliki penggerak 4 roda, yang memang untuk digunakan dijalur-jalur atau jalan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan biasa. Walau tua namun kehandalan kendaraan jenis Land Rover ini sudah tidak diragukan lagi.

Tepat jam 07.00 WIB, group kami meluncur untuk menuju kawasan perkebunan Teh Sukawana yang merupakan titik awla masuk jalur off road. Tiba di mulut jalan Perkebunan Teh Sukawana, jalanan bergelombang dengan batu-batu yang besar, seolah kami tidak percaya jalanan dengan batu besar yang menonjol dapat dilalui oleh kendaraan Land Rover yang kami tumpangi, namun kenyataannya, dengan kepiawaian driver kami, jalanan berbatu dapat dilalui dengan sangat santai dan dengan maneuver yang membuat kami nyaman walau pekikan para penumpang mulai sering terdengar…wah ini baru masuk jalur piker kami, sementara perjlanan masih lama. Hutan Pinus di kiri kanan kami semakin membuat semakin memunculkan suasana exotic dalam perjalanan Wisata Off Road Land Rover kami, suasana yang teduh, udara yang sejuk yang tidak dapat diperoleh di kota yang penuh polusi.

Setelah melewati jalan berbatu, kini kendaraan Land Rover memasuki jalanan berupa tanah dengan bahu jalan di kiri dan kanan tingginya hamper sama dengan kendaraan Land Rover yang kami tumpangi, wow serasa berjalan dijepit oleh dua lembahan, sesekali teriakan penumpang muncul dikarenakan kendaraan miring ke kiri seolah akan terbalik..sekali lagi kendaraan Land Rover kami lolos dari jalur ini.Ternyata jalur di depan kami selanjutnya berupa kubangan yang berair, satu demi satu kendaraan Land Rover harus antri untuk melewati jalur ini. Ternyata jika dijalur ini ada kendaraan Land Rover yang tidak bisa maju atau bergerak, maka akan dibantu oleh kendaraan Land Rover lainnya atau istilah di rescue, terlihat sekali kekompakan para Driver Land Rover, mereka saling bahu membahu untuk mengeluarkan kendaraan yang terjebak dalam kumbangan.

Setelah melewati lintasan Jayagiri, Gunung Putrid, akhirnya kendaraan Land Rover yang kami tumpangi pun tiba di Pintu gerbang Cikole, di sini group kami beristirahat sejenak sambil menikmati minuman khas Jawa Barat berupa Bandrek dan Bajigur dan tidak lupa pula menikmati sajian gorengan tradisional.Tepat pukul 11.00 siang, perjalanan kembali dilanjutkan untuk menuju titik star Arung Jeram di Sungai Cipunagara dengan masih menggunakan kendaraan Land Rover. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit, kami pun tiba di lokasi star Wisata Arung jeram di Sungai Cipunagara Subang. Kami pun selanjutnta menerima pengarahan dari Operator arung jeram yang akan mendampingi kamis elama pengarungan, penjelasan yang disampaikan dari mulai segi equipment yang digunakan hingga pada tahapan rescue baik self rescue dan juga team rescue. Dari pemaparan yang disampaikan kepada kami, walau pun kegiatan Wisata Arung Jeram adalah kegiatan yang beresiko tinggi, namun kami menjadi lebih tenang karena ternyata kami akan didampingi oleh team arung jeram yang memang telah berpengalaman, baik dalam kontek wisata juga petualangan.

Pada pukul 12.30, kami dipersilahkan untuk menikmati terlbih dahulu makan siang serta melaksanakan ibadah sholat dzuhur. Setelah selai menikmati makan siang dan melakukan ibadah sholat, pada jam 13.30 wib, perahu kami pun mulai meluncur, mengikuti lidah-lidah air sungai Cipunagara.Selama pengarungan, kebetulan debit air sungai Cipunagara tidak terlalu besar, namun walau pun debit air sedang, tetap saja ketika perahu kami memasuki atau melintais jeram, perasaan was-was dan takut jatuh keluar perahu, selalu menghantui pikiran kami untunglah Skipper perahu yang kami tumpangi ini sangat piawai mengendalikan perahunya, sangat terlihat sekali kalau skipper perahu kami sudah sangat biasa melakukan kegiatan arung jeram khusunya Arung Jeram di Sungai Cipunagara.
Kami pun tiba di finish Arung Jeram Sungai Cipunagara setelah melakukan pengarungan selama 2 jam, sengaja kami mengambil trip pendek agar tujuan aktivitas kami berikutnya masih dapat kami nikmati yaitu berendam air panas. Ternyata di finish arung jeram ini, sudah disediakan kelapa muda oleh pihak Tabula Adventure, sebagai pelepas dahaga kami, oooh sungguh perjalanan yang luar bias, berbasah-basahan lalu menikmati kelapa muda dan mengunyah gorengan hangat serasa tenaga ini kembali seperti semula.

Selesai menikmati snack, selanjutnya kami dievakuasi dengan menggunakan kendaraan Elf untuk menuju tempat parkir kendaraan Land Rover kami, yang telah lama menunggu untuk membawa kami menuju Ciater Spa. Begitu tiba di tempat parkir kendaraan Land Rover, kami pun langsung menuju Land Rover kami masing-masing, intruksi untuk melakukan bilas pun sudah tidak kami hiraukan lagi, bairlah nanti di kolam air panas juga dibilas, begitu piker kami.

Berendam air panas, memang sangat cocok untuk relaksasi tubuh kita, apalgi sebellumnya kami sudah melakukan kegiatan yang melelahkan, ternyata pengalaman baru bagi kami, yang memang tidaklah rugu untuk dilakukan, agar rasa penat karena rutinitas kerja sedikit terobati dengan melakukan kegiatan Wisata Off Road yang dikombinasikan dengan Wisata Arung Jeram dan berendam Air Panas. Semoga semua merasakan manfaatnya, semoga urat-urat tegang karena pekerjaan menjadi sedikit mengendur..perjalanan yang tidak akan terlupakan. ..sampai jumpa lagi..terima kasih

TABULA ADVENTURE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *