Manfaat Climbing Wall

MANFAAT CLIMBING WALL

Wall Climbing atau Papan Panjat Dinding buatan, kehadirannya saat ini sudah banyak di tengah-tengah lingkungan masyarakat, terutama dilingkungan kampus dan sekolahan. Lantas apa kegunaannya jika saat ini Pembangunan Wall Climbing terus merebak ?

Wall Climbing, banyak sekali memiliki manfaat yang positif bagi masyarakat jika dalam penggunaannya sesuai dengan prosedur keamanan dan juga tata cara yang tepat secara fisik. Manfaat Wall Climbing atau Papan Panjat Buatan ini, tidak hanya sekedar untuk melatih fisik dan juga kemampuan teknis seseorang saja, tapi jika kita cermati, dengan hadirnya sarana papan panjat buatan atau Wall Climbing yang menjadi fasilitas olah raga, juga memiliki manfaat positif terhadap perkembangan psykologis dan mental pelakunya.

Secara fisik jelas sekali kalau kita melakukan aktivitas olah raga panjat dinding, akan memberikan kebaikan pada pembentukan fisik baik daya tahan tubuh, kekuatan dan juga pembentukan otot-otot. Tentunya jika dilakukan dengan benar dan ada baiknya dibawah bimbingan tenaga ahli, apalagi untuk pemula.

Olah raga panjat dinding, adalah olah raga yang berat secara fisik, seorang yang berotot besar sekalipun jika dia belum pernah sama sekali melakukan aktivitas memanjat, sudah bisa dipastikan pada awal pemanjatan akan merasa tenaga terkuras dengan cepat, jari-jari tangan menjadi kaku dan akan sulit mengangkat tubuh untuk melawan gravitasi.

Oleh karena itu, jika berminat untuk menggeluti olah raga panjat dinding, sebaiknya memahami dulu tehnik-tehnik dalam olah raga Panjat dinding, sehingga tidak merasa kaget dan lantas mundur karena tidak percaya diri saat pertama kali melakukan kegiatan panjat dinding pada wall climbing.

Olah raga memanjat, walau itu dilakukan di Climbing Wall atau Papan Panjat Buatan, sangat baik untuk membentuk otot-otot lengan, otot bahu dan juga pembakaran lemak, bagaimana tidak, seorang pemanjat dalam aktivitas memanjat, dia berusaha untuk mengangkat tubuhnya dengan menggunakan jari-jari tangan dan kaki, yang hanya bertumpuh pada climbing Hold atau point panjat yang ada. Climbing hold ini bervariasi bentukannya dari mulai yang bisa dicengkarm dengan lima jari hingga hanya bisa dipegang oleh satu jari. Bisa dibayangkan betapa membutuhkan tenaga yang besar untuk menambah ketinggian.

Dalam olah raga memanjat, seorang pemanjat ketika dia sudah bisa menyelesaikan satu lintasan penuh, maka untuk pemanjatan-pemanjatan berikutnya pada lintasan yang sama, tenaga yang digunakan akan lebih sedikit dan akan semakin mudah. Hal ini bisa terjadi, selain karena sudah hapal akan lintasan tersebut juga karena secara fisik tenaganya semakin bertambah karena selalu berlatih. Artinya dalam olah raga memanjat akan ada penurunan Grade jika kita melakukan secara terus menerus pada lintasan yang sama. Untuk itulah seorang pemanjat dalam pola latihannya, harus selalu membuat lintasan-lintasan baru dengan tingkat kesulitan yang terus ditambah, agar selain daya tahan bertambah, kekuatan pun bertambah dan secara skill pun meningkat.

Secara mental manfaat kehadiran wall climbing, bisa dijadikan media untuk mengisi kegiatan para pemuda-pemudi, sehingga waktu dapat dimanfaat secara positif dengan melakukan aktivitas olah raga, selain itu dengan kita sering melakukan safari pemanjatan wall climbing, kita akan bertemu dengan banyak orang untuk menjalin saliaturohim satu sama lain.

Saat ini seiring dengan kebutuhan sarana wall climbing, pembangunan Climbing Wall tidak hanya di luar ruangan saja, tapi juga sudah banyak dibangun wall climbing khusus untuk di dalam ruangan atau climbing wall indoor, biasanya tipe wall climbing yang dibangun adalah Boulder Cllimbing Wall.

Lalu ada juga Aqua Climb, yaitu wall climbing yang dibangun khusus di bibir-bibir kolam renang, jadi pemanjat ketika jatuh langsung ke air, selain olah raga renang yang dilakukan ketika berada di kolam renang kita sekaligus bisa melakukan aktivitas panjat dinding.

Bravo Dunia Panjat Dinding !!!

Info dan Pemesanan Wall Climbing, silahkan hubungi kami :

HP. 08112033481, 08122226348

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *