Wisata Tea Walk Perkebunan Teh

WISATA TEA WALK PERKEBUNAN TEH
Tidak salah jika judul tulisan ini seperti di atas, karena memang kenyataannya seperti itu, dengan melakukan kegiatan Wisata Tea Walk, mata kita akan disuguhi pemandangan hijau berupa hamparan pohon-pohon the di kawasan Perkebunan Teh Ciwalini Ciater Subang. Kegiatan Wisata tea Walk atau dapat dikategorikan Agro Wisata ini adalah berupa aktivitas berjalan dan juga hiking dengan menyusuri perkebunan Teh. Sudah tentu berjalan kaki atau hiking dengan menyusuri perkebunan teh, kadang jalannya menanjak kemudian berupa turunan, inilah yang membuat kita sedikit berkeringat, dengan keluarnya keringat setidaknya sedikit racun dalam tubuh pun ikut terbuang bersama keringat. Tetapi jangan salah, di kawasan Perkebunan Teh Walini ini, justru kerigat akan sulit keluar karena cuacanya yang dingin dan kadang berkabut, karena letaknya yang masih berada di ketinggian, masih tidak terlalu jauh dengan Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Bandung Utara. Jika kegiatan wisata Tea Walk ini dilakukan masih pagi hari, mungkin kita dapat melihat para pemetik teh bekerja memetik pucuk daun teh dan kita pun memilki kesempatan untuk mengabadikan mereka lewat kamera foto kita.

Setelah lelah melakukan wisata tea walk, kita pun dapat mengunjungi Pabrik pengolah Teh, sekaligus menikmati Teh hangat olahan Pabrik Teh Walini. Di Pabrik Teh ini kita dapat melihat proses pengolahan daun-daun teh yang telah dipetik melalui berbagai proses dari mulai pelayuan, penggilingan, pengeringan. Anda pun akan mendapatkan 1 pack Teh Walini sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk dibawa pulang.

Perkebunan Teh Walini Subang ini masuk dalam PTPN VIII ( PT Perkebunan Nusantara Persero ) yang berada di wilayah Jawa Barat dan merupakan Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ). Perkebunan Teh Walini ini sudah ada sejak jaman Belanda, baru setelah Indonesia Merdeka dan berdaulat maka semua asset milik pemerintahan penjajah diserahkan kepada Indonesia.

Kembali ke topic awal kita mengenai Wisata Tea Walk, jika kita ingin melakukan kegiatan wisata Tea Walk di kawasan perkebunan Teh Walini, lokasinya dapat ditempuh dari Bandung dengan memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan dengan menggunakan roda 4 atau Bis namun jika anda berangkat dari Jakarta untuk menuju lokasi Perkebunan Teh Walini ini anda dapat melalui jalan Tol PURBALEUNYI, kemudia keluar dari pintu tol Sadang selanjutnya menuju Kali Jati dan lanjut ke Kota Subang dari Kota Subang perjalanan diteruskan menuju Ci Ater. Jika lalu lintas kota Bandung lancer, sebaiknya anda setelah berada di Jalan Tol PURBALEUNYI disarankan untuk keluar Pintu Tol Pasteur kemudian ambil arah menuju Lembang Cikole dan Ci Ater, jalur ini akan memakan waktu lebih sedikit di bandungan jika kita keluar Pintu Tol Sadang. Karena setelah keluar Pintu Tol Sadang perjalanan menuju Kali Jati kemudian Kota Subang hingga tiba di Kawasan Perkebunan Teh Walini selain rute yang panjang karena harus masuk dulu ke Purwakarta, juga memakan waktu lebih lama ( berdasarkan pengalaman yang pernah dilakukan ).

Selain Wisata Tea Walk, di Kawasan Perkebunan Teh Walini ini pun anda bisa melakukan kegiatan atau aktivitas Outbound Games, Paint Games, dan jika anda masih memiliki banyak waktu tidak ada salahnya jika kegiatan wisata anda di Subang dilanjutkan dengan Wisata Rafting atau Wisata Arung Jeram di Sungai Cipunagara Subang.

TABULA ADVENTURE
Informasi dan Reservasi Paket Wisata Tea Walk :
HP. 08112033481

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *