Tempat Wisata Arung Jeram Di Jawa Barat

TEMPAT WISATA ARUNG JERAM DI JAWA BARAT
Di Jawa Barat terdapat beberapa Sungai yang bisa kita jadikan sebagai tempat atau media untuk beraktivitas wisata arung jeram, berikut kami coba sampaikan lokasi atau sungai yang dapat dijadikan tempat berkegiatan wisata arung jeram di Jawa Barat tersebut :

1.Lokasi Arung Jeram di Kawasan Bandung Selatan:
Sungai Palayangan dan Sungai Cisangkuy Sebagai Media Wisata Arung Jeram
Akses menuju lokasi atau sungai Palayangan, dari Bandung dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau dua, berkisar 1 jam perjalanan, bisa melalui Buah Batu, Bale Endah- Banjaran-Pangalengan dan berakhir di Danau Situ Cileunca.

Bagi anda yang berasal dari Jakarta, dapat melalui jalur : Keluar Pintu Tol Kopo, kemudian perjalanan dilanjutkan kea rah Soreang-Banjaran-kamasan-Pangalengan, dengan jarak tempuh berkisar 1, 5 jam dari Pintu Tol Kopo atau keluar dari Pintu Tol Buah Batu menuju Bale Endah-Banjaran -kamasan-Pangalengan- Situ Cileunca.

2.Lokasi Arung Jeram di Subang, Jawa Barat
Sungai Cipunagara Tempatnya Arung Jeram
Dari Bandung perjalanan dengan tujuan Lembang dilanjut menuju Subang-Jalan Cagak Darmaga, lama waktu tempuh berkisar 1, 5 jam. Jika dari Jakarta, keluar Pintu Tol Sadang menuju Kali Jati Subang Kota Jalan Cagak Darmaga.
Sungai Cipunagara Subang ini, tidak banyak memilki anak sungai yang melakukan pembuangan airnya pada saat musim hujan ke sungai Cipunagara, bahkan mungkin tidak ada sama sekali. Sehingga debit air sungai Cipunagara ini relative stabil pada saat musim hujan, ketika hujan di hulu air akan naik debitnya namun cepat juga menjadi surut kembali jika hujan berhenti. Sungai Cipunagara sangat cocok bagi para pemula yang ingin menikmatiWisata Arung Jeram. Jarak tempuh pengarungan kisaran 2 -3 jam pengarungan.

3.Lokasi Arung Jeram di Garut Jawa Barat
Wisata Arung Jeram Di Sungai Cimanuk, Garut
Dibandungkan dengan sungai Palayangan, Pangalengan, masih sedikit orang-orang yang menjadikan sungai Cimanuk sebagai media berwisata arung jeram. Padahal jeram-jeramnya tidak kalah menarik serta lebih banyak variasinya, dan jarak pengarungan pun lebih panjang. Hanya saja memang di sungai Cimanuk ini airnya tidak sebersih sungai Palayangan tetapi dari segi lebar sungainya, sungai Cimanuk lebih besar dibandungkan dengan sungai Palayangan Pangalengan. Jika anda berminat wisata arung jeram di sungai Cimanuk ini, ada beberapa pilihan titik start atau etapenya, yaitu :
1. Etape Arung Jeram Padarek-Rumah Sakit ( atau Garut Kota ) dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam pengarungan arung jeram
2. Etape Rumah Sakit-Jagger, kurang lebih 2-2, 5 jam peangarungan
3. Etape Jagger – Leuwih Goong kisaran waktu pengarungan antara 3 jam
4. Etape Leuwih Goong-Limbangan, lamanya waktu pengarungan berkisar 3 jam

Berwisata Arung Jeram di Sungai Cimanuk, hendaknya anda pintar-pintarlah dalam memilih etape pengarungan, sesuaikan dengan kondisi alam serta kemampuan skill anda, apalagi pada saat musim hujan ada baiknya anda memilih etape yang memang tingkatan jeramnya cocok bagi anda yang hendak berwisata arung jeram. Ada baiknya jika anda menggunakan vendor, berkonsultasi terlbih dahulu dengan vendor anda mengenai etape yang cocok bagi anda, agar aktivitas wisata arung jeram anda tetap aman dan nyaman.
Bersambung..

TABULA ADVENTURE

Untuk Informasi dan Reservasi Wisata Arung Jeram, silahkan hubungi :

HP. 08112033481

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *