Pembangunan Flying Fox Zip Coaster di Indonesia

PEMBANGUNAN FLYING FOX ZIP COASTER DI INDONESIA

Wahana Zip Coaster atau Roller Coaster, merupakan wahana baru di Indonesia, wahana ini merupakan permainan meluncur, seperti flying fox yang mengadopsi tehnologi permainan roller coaster. Jika Roller coaster pada umumnya adalah permainan dengan menggunakan lintasan rell sebagai jalur laju roda atau kendaraan yang diduduki oleh penumpangnnya, pada wahana zipp coaster rel yang dijadikan lintasan adalah besi pipa dengan diameter 2 inchi hingga 4 inchi dan cara melakukannya pun dengan cara meluncur sambil bergantungan di ketinggian.

Wahana Zip Coaster sendiri, memiliki panjang lintasan yang bervariasi, sedangkan pola lintasan bisa diatur saat sebelum dilakukan pembangunan. Berbeda dengan flying fox umumnya yang lintasannya hanya lurus dan berawal dari titik yang paling tinggi menuju titik terendah untuk finishnya. Pada Zip Coaster, pola lintasan bisa dibuat berbelok-belok, bergelombang turun dan naik hingga dibuat dengan kemiringan tertentu.

Jika Flying fox konvesional menggunakan pullay sebagai roda pengaman pada lintasan, permainan zip coaster sebagai roda pengamannya menggunakan alat berupa rangkaian roda-roda dari yang terbuat dari bahan poly uretan yang akan menjempit pipa besi yang dijadikan rell lintasan.

Untuk membangun wahana zip coaster ini, bisa menggunakan pohon-pohon sebagai titik anchore dari slink baja yang akan menahan pipa rel ilntasan namun jika tidak ada pohon sebagai titik-titik anchore slink baja, maka harus dibuat tiang-tiang pancang sebagai titik-titik anchore slinknya. Perbedaan menggunakan titik anchore tiang besi dan pohon yang sangat signifikannya adalah terletak pada biaya pembangunannya.

Dari segi biaya, untuk pembangunan wahana zip coaster atau roller coaster ini, lumayan tinggi, hal dikarenakan matrial yang digunakan baik untuk rell lintasan, tiang tower hingga roda safetynya adalah matrial yang memang diperuntukkan khusus untuk permainan zip coaster, selain itu slink baja yang akan digunakan pun lebih banyak dari wahana flying fox konvensional. Jika pada permainan flying fox konvensional cukup dengan membuat 2 unti tiang anchore star dan finish, maka dalam pembangunan wahana zip coaster, pembuatan tiang anchore slink baja terantung dari jarak dan pola lintasan zip coaster yang akan dibuat, semakin panjang lintasan maka akan semakin banyak tiang anchore clink baja yangn dibutuhkan. Jika wahana flying fox konvensionakl cukup dengan menarik slink baha dengan lintasan lurus selesai, tidak demikian dengan permainan zip coaster atau roller coaster ini. Penggunaan slink baja tidak speerti permainan flying fox pada umumnya. Slink baja pada permainan zip coaster digunakan untuk menahan keberadaan rell lintasan zipp coaster baik dengan posisi tarikan vertical, horizontal hingga diagonal, sehingga posisi rell lintasan zip coaster itu kokoh dan kuat. Jadi wajar saja jika biaya pembangunan untuk membuat permainan zipp coaster ini terasa mahal.

Selain dipengaruhi oleh matrial yang digunakan, tingginya biaya pembangunan zip coaster juga dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang akan digunakan dalam tahapan pembangunan. Tenaga tehnisi pembangunan zip coaster, adalah orang-orang yang memang memiliki skill khusus untuk bekerja di ketinggian dan dengan waktu yang lama. Jika wahana flying fox konvensional cukup dengan waktu 2 -3 hari dalam proses pemasangannya, pada proses pemasangan instalasi zip coaster atau roller coaster untuk panjanng lintasan 200 meter setidaknya dibutuhkan waktu antara 50 hari hingga 60 hari kerja. Jadi sekali lagi, wajar saja jika biaya pembangunan zipp coaster ini tinggi, selain itu wajar saja jika nilai jual kepada konsumen atau pengunjung juga dikenakan harga tiket yang tinggi.

Semoga dengan sedikit informasi dari kami ini, ada sedikit manfaatnya, khususnya mengenai wahana Zip Coaster atau Rolle Coaster yang saat ini sudah mulai diminati oleh masayarakat Indonesia yang menyukai wisata adrenalin.

Untuk Informasi dan Pemesanan Pembangunan Flying Fox Zip Coaster, silahkan hubungi:

08112033481, 085320373357, 08122226348

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *