Tahapan Pembangunan Climbing Wall

 

TAHAPAN PEMBANGUNAN CLIMBING WALL

Pada tulisan ini, kami hanya ingin menyampaikan tahapan pembangunan wall climbing atau panjat tebing buatan dengan bahan daser panel wall menggunakan fiber atau resin blok. Dalam proses pembangunan wall climbing atau papan panjat tebing buatan ada beberapa tahapan yang dilakukan agar hasil wall climbing yang dibangun memiliki kwalitas yang baik, kuat, tahan lama serta aman.

Berikut ini kami coba ulas tahapan pembanguna sebuah wall climbing :

  1. Pemilihan Model atau Bentuk Wall Climbing

Pemilihan model atau bentuk wall climbing ini, lebih kepada setelah jatuhnya pilihan akan jenis atau tipe wall climbing yang akan dbuat, yaitu lebih kepada bentukan permukaan panel wall climbing serta tingkat-tingkat kemiringan permukaan panel wall climbing. Biasanya pemilihan model ini lebih kepada ketika pilihan tipe wall climbing yang akan dibangun pada Tipe Lead Wall Climbing atau Difficult Wall dan juga Tipe Boulder Climbing. Karena untuk pillihan Tipe Speed Climbing Wall pilihan model permukaan wall climbing cukup dengan Wall Climbing Speed Track dan Wall Climbing Speed Record

  1. Survey Lapangan Lokasi Pembangunan Wall Climbing

Setelah tersampaikannya spesifikasi tehnik dari wall climbing yang dibangun, baik spek pondasi wall climbing, spek konstruksi wall climbing yang digunakan dan juga spek tehnik fiber wall climbing, langkah selanjutnya atau langkah awal adalah melakukan survey lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan data data primer dan skunder kondisi lapanngan, berupa : Struktur tanah, luas area dan juga posisi atau tata letak wall climbing yang akan dibangun. Tujuan dari dilakukan survey lapangan ini, untuk menyesuaikan system pondasi yang layak digunakan, penyesuaian ukuran wall climbing yang hendak dibuat, serta unsur estetika terhadap lingkungan sekitarnya. Jadi survey lapangan ini untuk mencapai unsur kekuatan, keamanan dan kenyamanan terhadap climbing wall yang akan dibuat.

  1. Pembuatan Pondasi dan Pencetakan Panel Fiber Wall Climbing serta Setting Kontruksi Climbing Wall

Tahapan selanjutnya dalam pembangunan climbingwall adalah pembuatan pondasi dan pencetakan fiber, dilakukan secara parallel, artinya saat dilakukan penggalian serta pemasangan sloop pondasi, pekerjaan pencetakan panel fiber wall climbing beserta dengan setting konstruksi dapat dilakukan secara bersamaan di 2 tempat yang berbeda, yaitu di lokasi pembangunan untuk pondasi dan di workshop untuk pekerjaan cetak fiber dan setting konstruksi. Sehingga waktu yang digunakan lebih sedikit karena tidak harus menunggu salah satu pekerjaan selesai baru melanjutkan pekerjaan lainnya. Diantara ke 3 pekerjaan tersebut, yang lebih dulu selesai adalah pekerjaan pondasi, sambil menunggu pekerjaan fiber dan setting kontruksi selesai, untuk pondasi kita sambil menunggu pengeringan dan penguatan. Lama pekerjaan parallel ini, sampai tiba waktu pemasangan memakan waktu kurang lebih 2 minggu ( 14 hari kerja ) untuk ukuran climbing wallstandar Lebar 3 meter dan Tinggi 15 meter. Namun waktu akan bisa lebih lama jika panel fiber wall climbing yang dicetak merupakan design Custom, dimana produsen harus membuat cetakan baru.

  1. Pemasangan Konstruksi dan Panel Fiber dan Pengecatan Konstruksi Wall Climbing

Setelah tahap ketiga selesai, selanjutnya dilakukan pemasangan kontruksi dan panel fiber wall climbing, pekerjaan ini memakan waktu kisaran 8 hingga 10 hari kerja, jika cuaca bagus dan jumlah SDM yang bekerja memadai secara jumlah, begitu pun pekerjaan pengecatan kontruksi sudah bisa dilakukan beriringan dengan pemasangan kontruksinya.

Bersambung

TABULA ADVENTURE-WALL CLIMBING PRODUCTION TEAM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *