Peralatan Outbound Flying Fox

PERALATAN OUTBOUND FLYING FOX
Bagi anda yang membuka usaha jasa outbound, dengan menjual wahana permainan, khususnya permainan ketinggian atau Hi Rope Games, sudah tentu harus memahami dalam pemilihan peralatan outbound untuk wahana flying fox dan hi rope atau permainan ketinggian, misalnya untuk wahana permainan Flying Fox, Hanging Bridge, Burma Bridge juga Spider Web. Selain pemahaman dalam membeli dan memilih peralatan safety, juga harus jeli dalam membeli bahan matrial pendukung yang akan digunakan untuk instalasi wahana outbound, seperti papan/kayu, tali untuk permainan jarring dan lain-lain.

Dalam tulisan ini, Tabula Adventure akan mencoba memaparkan mengenai alat-alat safety untuk permainan outbound di ketinggian/wahana hi rope, yang memang cocok dan tahan lama untuk digunakan, mengingat baik peralatan saferty untuk permainan di ketinggian dan juga matrial pendukungnya dari segi biaya bukanlah harga yang murah, sehingga diharapkan dengan adanya tulisan ini para pemilik usaha jasa outbound, setidaknya memahami produk peralatan safety untuk wahana outbound dan juga matrial pendukungnya, sehingga peralatan outbound mampu bertahan lama tanpa mengesampingkan nilai-nilai keamanan dalam kegiatan atau aktivitas permainan outbound di ketinggian. Selain itu agar tidak salah pilihmembeli peralatan outbound yang banyak dijual dipasaran, dan sebetulnya dengan banyaknya pihak penjual peralatan permainan outbound atau para penjual peralatan safety untuk permainan outbound Hi Rope hal ini sebetulnya membuat para owner usaha jasa outbound menjadi semakin mudah dalam memilih dan membeli peralatan outbound, flying fox dan lainnya yang akan digunakan.

Seperti kita ketahui, peralatan instalasi permainan ketinggian outbound atau hi rope, perangkat utama untuk anchore dari matrial permainan adalah slink baja atau wire rope yang merupakan matrial berbahan dasar baja, serta pengikatnya adalah clem baja atau clem slink dan sering disebut juga clip slink atau clip wire rope. Baik matrial wahana seperti tali curallon, tali dadung hingga peralatyan safety atau peralatan pengaman bagi pelaku permainan akan selalu terkoneksi dengan slink baja atau wire rope ini, sehingga dalam pemilihan semua peralatan outbound dibutuhkan kejelian akan ketahanan terhadap priksi atau gesekkan dan juga korasi dari alat safety permainan outbound dan juga matrial yang gunakan untuk wahana atau permainan outbound itu.

Contoh yang akan dibahas disini salah satunya adalah pemilihan Peralatan Permainan Flying Fox outbound.

PERALATAN OUTBOUND FLYING FOX
Dari wahana outbound yang paling sering digunakan dan diminati adalah Permainan Flying Fox, karena intensitas penggunaannya yang tinggi dan sering maka pemilihan atau pun pembelian peralatan yang akan digunakan untuk Flying Fox haruslah tepat guna, artinya peralatan yang digunakan harus memiliki kekuatan dari segi beban dan juga daya tahan penggunaan dalam jangka waktu yang lama.
Peralatan Matrial Pendukung Flying Fox :
1. Slink Baja atau Wire Rope
fungsi dari slink baja atau wire rope dalam permainan flying fox adalah sebagai lintasan dan sekaligus sebagai safety line atau lintasan pengaman, jadi sebaiknya dari slink baja atau wayer yang akan digunakan pilih slink baja yang berbahan dasar Baja Putih atau slink Baja Galavanis dengan diameter 10 mm dan untuk instalasi lintasannya buatlah double safety line sehingga lintasan pengaman memiliki back up dari sisi safety atau keamanan lintasan. Selain itu, slink baja wire rope Galvanis memiliki daya tahan terhadap karat, sehingga baik dari sisi perawatan dan juga penggunaan sangat effesien, untuk kekuatannya sudah pasti kuat, hanya saja dalam memilih slink baja galvanis sebaiknya pilihlah yang memang volume isinya merupakan serat baja secara keseluruhan, bukan slink baja galvanis yang sebagain seratnya diisi dengan tali dadung.

2. Clip Slink atau Clem Slink
Clip Slink atau Clem Slink, berfungsi untuk mengikat slink baja pada saat akan ditambatkan baik di pohon atau pun pada tower flying fox. Dari yang dijual dipasaran clem slin atau clip slink ini ada 2 jenis bahan yanh digunakan, yang pertama adalah berupa bahan corran besi dan yang kedua adalah clip slink berbahan steinless. Dari segi harga clip slink berbahan corran besi memang jauh lebih murah dari yang berbahan steinless namun dari sisi ketahanan dan kekuatan terhadap cuaca panas dan hujan sudah tentu clem slink yang berbahan steinless yang lebih kuat. Clip slink steinless tahan terhadap karat dan kekuatan penguncian terhadap ikatan slink baja memang sangat kuat. Sedangkan clip sling atau clem baja dengan bahan corran tidak tahan terhadap karat, sehingga harus rutin dilakukan pengontrolan, mengingat akan terjadi korasi atau karat dalam jangka yang tidak terlalu lama dari sejak dilakukan pemasangan clem baja atau clip slink pada wahana flying fox. Jadi untuk menghemat biaya perawatan dan memudahkan dalam perawatan Wahana Permaianan Flying Fox, disarankan gunakanlah Clem Clink atau Clip Slink dengan bahan steinless.

3. Tali Rem Permainan Flying Fox atau Tali Stopper
Sering kita jumpai, di tempat wisata outbound tali rem tali stopper yang digunakan oleh operator permainan flying fox menggunakan tali jenis Carnmantel static atau pun Carnmantel dinamis yang fungsinya untuk olah raga panjat tebing. Sebetulnya tidak ada salahnya menggunakan tali carnmantel untuk tali rem flying fox, tetapi berdasarkan pengalaman, ternyata jika tali jenis carnmantel digunakan untuktali rem flying fox cenderung lebih boros, dalam artian akan sering dilakukan penggantian, hal ini mungkin terjadi karena tingkat priksi yang terlalu tinggi. Ada baiknya tali yang digunakan untuk rem permainan flying fox gunakanlah tali jenis Houserlite atau sering juga disebut tali layar, ada juga sebagian orangnya yang menyebutnya dengan tali Korea. Selain harganya jauh lebih murah dari harga tali jenis Carnmantel. Tali layar ini pun lebih kuat terhadap gesekan atau priksi. Anda bisa menggunakan diameter tali layar untuk tali rem permainan flying fox dengan ukuran 10 mm atau 12 mm.
Bersambung..

TABULA ADVENTURE

Untuk Informasi penjualan peralatan permainan outbound flying fox dan hi rope, silahkan hubungi kami :

Telp. 022-92622998, HP 081120033481

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *