Basic Training Kendaraan 4 x 4 Land Rover

BASIC TRAINING KENDARAAN 4 X 4 LAND ROVER
Sesekali driver kendaraan roda empat Land Rover tampak sedikit bingung dan ragu ketika berusaha mengendalikan mobil yang terjerembab masuk kedalam medan jalanan yang berlumpur perhatikan medan ..teriak orang disamping kemudi..yang ternyata adalah instruktur dari pelatihan ini, dan akhirnya keluarlah kendaraan Land rover tersebut dari jebakan lumpur,.mantaaaaab..teriak para peserta Pelatihan.

Pelatihan Dasar Pengoperasian Kendaraan 4 x 4 Di Medan Alam Terbuka dilaksanakan mulai dari tanggal 7 sampai dengan 10 September 2013, dengan area medan latihanKawasan Hutan Cikole, Jayagiri Lembang hingga Sukawana. Pelatihan ini diselenggarakan atas kerja sama Pusat Sarana Dan Peralatan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia dengan Tabula Adventure dan Land Rover Club Banddung serta Anggota Wanadri.

Upacara pembukaan dilakukan di lapangan bumi perkemahan Cikole Lembang, Bandung-Jawa Barat, yang dihadiri juga oleh Para Pejabat dari Kementerian Kehutanan RI, termasuk ketua Panitia Pelatihan yaitu Ka.Pus Sarana dan Peralatan Kementerian Kehutan RI bapak Drs. H. Suhaeri M. Se

Pelatihan ini diikuti oleh para Polisi Hutan yang mewakili instansi masing-masing dari seluruh Wilayah Indonesia, dengan jumlah peserta total yang lulus seleksi sebanyak 24 orang.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan keterampilan Dasar-dasar mengemudikan kendaraan dengan transmisi 4 x 4,oleh karena itu sebagai dasar pehaman para peserta kendaraan yang digunakan adalah kendaraan roda 4 dengan transmisi 4 x 4 jenis Land Rover, hal ini dikarenakan Land Rover tipe seri system transmisinya masih menggunakan tehnologi manual, walau pun dari kategori umur mobil ini sudah cukup tua, namun ketangguhan kendaraan ini menjajal medan berat sudah tidak diragukan lagi.

Latar belakang pekerjaan para peserta yang merupakan Polisi Hutan, tentunya bukan pekerjaan yang enteng, dimana pada aplikasi pekerjaan mereka, mereka dituntut untuk bekerja di lapangan dengan kondisi jalanan tanah berlumpur, berbatu serta hutan belantara, belum lagi jarak tempuh yang jauh bahkan bukan lagi hitungan jam munghkin bisa berhari-hari dan harus terus bergerak guna mengamnkan situasi hutan di wilayah masing-masing.
Selain materi mengenai dasar-dasar mengemudikan kendaraan 4 x 4, peserta juga mendapatkan materi pembekalan mengenai Jungle Survival, manajemen perjalanan dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat, tujuan dari diberikan materi ini agar pada saatnya kembali ke dunia pekerjaannya, para peserta memiliki bekal pengetahuan yang lengkap sehingga kondisi-kondisi sulit dilapangan pekerjaan dapat teratasi, baik itu permasalahan mengenai kendaraan, bahaya yang ditimbulkan dari medan pekerjaan dan juga bahaya yang mungkin bias muncul dari pelaku atau pekerja itu sendiri sehingga setiap kondisi sulit mampu mereka analisa dengan baik, agar pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar…Salute untuk POLHUT Indonesia..

Selama mengikuti pelatihan baik peserta dan panitia dikondisikan menginap di medan latihan dengan menggunakan tenda dan bivac alam, hal ini merupakan bagian dari materi pelatihan itu sendiri, begitu juga dengan kendaraan yang digunakan ikut serta diinapkan dilapangan, dengan menggunakan metode Flying Camp, maka setiap hari lokasi tidur para peserta selalu berpindah-pindah dari satu wilayah ke wilayah lainnya.
Semoga dengan adanya pelatihan ini..SDM-SDM Polisi Kehutanan Indonesia semakin mampu untuk mengamankan wilayah hutan Indonesia dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab?.Bravo Kementerian Kehutanan Indonesia..

Tabula Adventure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *