Wisata Wahana Outbound

WISATA WAHANA OUTBOUND
Kenapa wahana outbound dapat dikatakan sebagai media wisata? Entahlah, sejak kapan istilah ini ada, tetapi muncul dan ramainya orang-orang melakukan kegiatan outbound sudah sejak era tahun 90an. Mungkin saja wahana outbound bisa dijadikan media wisata, khususnya wisata adrenalin atau wisata petualangan, karena umumnya wahana outbound dibangun di area alam terbuka atau outdoor. Mungkin hal itu yang mendasarinya menjadi kategori wisata wahana outbound.

Sedangkan wahana outbound itu sendiri, sejak lama wahana outbound yang sering dibangun adalah berupa permainan-permainan ketinggian atau hi rope dengan berbagai jenis dan tehnik melakukannya, baik berupa permainan low rope atau pun hi rope.

Ada permainan hi rope outbound yang diberi nama Sky Walk, yaitu permainan di ketinggian, cara melakukannya dengan berjalan di ketinggian dan kaki berpijak pada satu lintasan slink baja atau wire rope, berjalan dari titik A menuju titik B, namun jika terjatuh kita pun tidak perlu takut, karena sudah tentu setiap permainan wahana outbound yang dibangun khususnya permainan ketinggian harus memiliki standar keamanan, baik struktur towernya dan juga alat pelindung diri bagi pelakunya.
Umumnya permainan wahana outbound yang dibangun, struktur bangun untuk anchorenya biasanya menggunakan tower besi dan pohon. Sedangkan jenis perminan tergantung dari pilihan dari pihak client begitu juga dengan alur permainannya.

Yang saat ini menjadi permainan atau wahana outbound yang disangat diminati oleh para wisatawan adalah permainan flying fox, yaitu permainan di ketinggian dengan meluncur dari titik paling tinggi menuju titik rendah, melintasi sling pengaman. Permainan flying fox ini, semakin panjang lintasannya akan semakin menarik dan menantang bagi pelakunya, serta memicu adrenalinnya.

Dalam membangun permainan flying fox khusunya, perlu diperhatikan segi kemiringan serta keadaan counter tanah yang akan dijadikan titik start dan finish flying fox, sudut-sudut penempatan ikatan anchore start dan finish menjadi penentu tingkat atau laju peluncuran. Dengan kemiringan yang tajam belum tentu bagus, karena hentakan saat berhenti akan semakin kencang, sedangkan jika terlalu landai juga akan akan mempengaruhi daya luncur yang akan menjadi sangat pelan, belum lagi karena daya gesekan alat, bisa jadi justru lajunya tersendat-sendat.

Wahana outbound, khususnya permainan ketinggian, jika kita amati, bukanlah sekedar media bermain dengan hasil yang kosong, justru akan memberikan banyak manfaat terutama bagi anak-anak. Karena dapat melatih daya motorik kasar dan halus, serta keseimbangan dan kemampuan sensor anak atau kepekaan anak terhadap hal-hal yang harus ia lakukan dan siasati selama bermain, sehingga menjadikan anak akan lebih berani dan paham akan resiko yang ia lakukan.

Era sekarang, hampir di setiap tempat tempat wisata selalu dilengkapi dengan wahana outbound, sehingga tidak sulit lagi jika kita ingin membawa buah hati kita bermain dan melakukan kegiatan wisata wahana outbound atau permainan hi rope.

Dengan sering membawa buah hati kita melakukan kegiatan-kegiatan permainan wahana outbound, pastilah sedikit banyaknya akan memberikan manfaat positif pada perkembangan mental mereka kelak.
Khususnya di kawasan Bandung Utara, tempat-tempat yang menyediakan wisata wahana outbound, berupa permainan hi rope outbound atau permainan ketinggian, diantaranya :
1. Green Forest Water Leaf atau Kampung Awi
2. Tree Tope Cikole
3. Ciwangun Indah Camp
4. Jendela Alam
5. Adventure Land Lembang
6. Grafika
7. Dan lain-lain
Sedangkan untuk kawasan Bandung Selatan, yaitu :
1. Bumi Perkemahan Ranca Upas
2. Hutan Rahong Pangalengan ( Flying Fox )
3. Situ Cileunca Pangalengan ( Flying Fox )

Semoga bermanfaat……

TABULA ADVENTURE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *