Wisata Arung Jeram

WISATA ARUNG JERAM
Arung jeram, untuk di Indonesia dimulai pada era tahun 70-an, pada saat itu lebih dikenal denganORAD ( Olah Raga Arus Deras ), kita mungkin pertama mendengar Citarum Rally, ya itu adalah salah satu moment cikal bakal munculnya olah raga arung jeram atau lebih dikenal dengan Rafting sekarang di Indonesia.

Seiring dengan perjalanan waktu, pada era 90-an para pelaku kegiatan rafting ini lebih dulu adalah para Penggiat Alam bebas. Untuk di Jawa Barat sendiri adalah orag-orang yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam, atau perhimpunan dan organisasi lainnya yang sejenis. Era 90-an kegiatan arung jeram ini lebih banyak mengarah kepada kegiatan petualangan, mungkin sebuah event kompetisi pada era ini adalah yang diselenggarakan di Bali tepatnya di Sungai Ayung berkisar antara tahun 1994.

Pada saat ini perkembangan dalam dunia rafting terus berjalan selain sebagai kegiatan petualangan, juga menjadi sebuah bidang olah raga, hal ini sejalan dengan banyaknya diselenggarakan event-event kejuaraan arung jeram.Tidak itu saja, saat ini pun kegiatan arung jeram atau rafting ini juga sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum, dalam konteks wisata arung jeram. Dengan menjamurnya provider-provider atau operator yang menjual paket-paket arung jeram, dengan berbagai pilihan sungai.

Jawa Barat yang memiliki begitu banyak sungai, sebagai media pilihan untuk aktivitas arung jeram tentulah tidak ketinggalan dalam perkembangan wisata arung jeram ini. Faktor yang menjadi pendukung perkembangan ini selan faktor banyak terdapatnya sungai yang layak untuk dijadikan objek pengarungan, juga dipengaruhi oleh potensi objek wisata lainnya. Ini artinya selain karena tersedianya layanan wisata arung jeram, konsumen juga ingin membidik objek wisata lainnya ketika berkunjung katakanlah Bandung, selain mereka dapat menikmati dan melakukan kegiatan arung jeram, wisatawan juga dapat mengunjungi atau melakukan kegiatan lainnya.

Untuk Kawasan Jawa Barat sendiri, sungai -sungai yang bisa dijadikan media untuk wisata arung jeramdiantaranya adalah:
1. Sungai Palayangan yang berada di kawasan Bandung Selatan, kurang lebih 20 km dari kota Bandung.
2. Sungai Cisangkuy di Bandung Selatan
3. Sungai Cikapundung, denga titik start dari kawasan Dago
4. Sungai Cipunagara, di kawasan Subang
5. Sungai Cimanuk, Sungai Cikandang Garut
6. Sungai Citanduy, Tasikmalaya
7. Sungai Citarik, Citatih Sukabumi
8. Sungai Cikandang,
9. Dan lainnya

Sekarang tinggal anda tentukan pilihan, mana sungai yang akan menjadi tempat anda berarung jeram, semua sungai tersebut tentunya memiliki krakteristik jeram serta sajian alam yang berbeda-beda. Bai anda yang gemar berpetualang tentunya denga semakin banyaknya sungai yang dikunjungi untuk ber arung jeram tentunya semakin baik, karena pengalaman anda semaki bertambah. Go..go..Adventure

Untuk informasi mengenai Wisata Arung Jeram, silahkan hubungi :
HP. 08112033481

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *