Peralatan Outbound Flying Fox Produk Lokal

PERALATAN OUTBOUND FLYING FOX PRODUK LOKAL
Permainan ketinggian atau Hi Rope sebagai salah satu media dari Wahana Outbound, saat ini yang terus merambah ke seluruh bagian wilayah Indonesia, mau tidak mau hal ini berimbas selain pada bisnis atau usaha yang menjual dari mulai paket wisata wahana outbound, jasa pembangunan wahana outbound hingga kepada penyediaan atau penjualan peralatan outbound khususnya peralatan outbound yang berkaitan dengan peralatan safety atau safety equipment untuk permainan hi rope.

Seiring dengan perjalanan waktu dari perkembangan usahajasa wisata outbound dan pembangunan wahana outbound yang terus menjalar dengan pesat, hal menjadikan bisinis usaha dibidang wahana outbound menjadi primadona bak buna di taman yang semerbak wanginya para pembidik usaha di bidang jasa wahana outbound ini.

Salah satu usaha yang cukup menjanjikan adalah adalah penyediaan dan penjualan peralatan outbound, penjualan peralatan flying fox yang merupakan produksi buatan local. Saat ini kehadiran peralatan outbound produksi local yang sudah cukup menyebar banyak dan digunakan adalah peralatan outbound berupa Seat Harnesses, Full Body Harnesses hingga pullay slink baja.

Namun yang menjadi pertanyaan, sudahkah peralatan outbound produksi local tersebut memenuhi standar keamanan yang layak, yang sesuai dengan kebutuhan keselamatan untuk aktivitas di ketinggian, baik dari segi bahan dan juga penggunaannya. Sudahkah peralatan-peralatan outbound tersebut melalui sebuah mekanisme uji standar keselamatan?
Salah satu produk peralatan outbound untuk permainan ketinggian yang cukup terkenal adalah produk merk DMM atau Dyna Mandiri Manufactur. DMM mengeluarkan produk berupa Pullay Tandem DMM, Pullay Single DMM, Full Body Harnesses DMM, Carabiner baja DMM dan juga Seat Harnesses DMM. Produk DMM yang nota bene merupakan produksi dari Bandung ini, sudah menyebar hampir ke seluruh pelosok Indonesia, khususnya peralatan outbound berupa Pullay Tandem dan Sit Harness serta Full Body Harnessesnya.

Selain itu juga DMM memproduksi juga peralatan untuk permainan Bunggy Trampoline berupa Sit Harnesses Bunggy Trampoline untuk ukuran anak dan dewasa, Swepple dan sudah cukup banyak juga yang menggunakan perlengkapan bunggy trampoline ini.

Berdasarkan hasil wawancara dengan owner DMM, sebelum peralatan safety tersebut diluncurkan untuk dijual kepada public dna digunakan, ternyata pihak pemiliki produk DMM telah melakukan uji kelayakan terlebih dahulu terhadap peralatan peralatan tersebut yang berupa pullay tandem, pullay single, sit harnesses dan juga full body harnesses yang dilakukan di laboratorium uji ITB, begitu menurut pemiliknya dan terhadap hasil uji dari peralatan tersebut juga sudah dikeluarkan sertifikat terhadap peralatan DMM yang telah dilakukan uji.

Sungguh sebuah inovasi yang luar biasa dari putra negeri ini, patut kita acungkan jempol terhadap produksi dari peralatan outbound hi rope khususnya yang dikeluarkan oleh DMM atau Dyna Mandiri Mountain. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, memang produksi peralatan outbound DMM ini, sudah banyak sekali digunakan oleh para pemilik tempat wisata wahana outbound, diantaranya adalah Pullay Tandem yang sering dan sudah banyak digunakan untuk peralatan flying fox, sebagai roda peluncur yang digantungkan pada slink baja atau ware. Pullay Tandem DMM dengan bahan terbuat dari baja ini, ternyata menurut para penggunanya cukup kuat, tidak mudah haus dan memiliki daya luncur yang bagus, serta harganya yang relative murah jika dibandungkan dengan peralatan yang sama yang merupakan produk import.

Hingga saat ini pun memang belum ada keluhan terhadap peralatan outbound khususnya pullay tandem produksi DMM ini. Dan selain itu, pihak pemiliki produk DMM pun memberikan jasa layanan service purna jual terhadap produk-produk DMM, khususnya Pullay Tandem DMM. Dengan menyebarnya peralatan outbound khususnya peralatan safety wahana outbound hi rope produk local atau mroduk buatan Indonesia ini, justru yang dikhawatirkan sekarang adalah keluarnya produk-produk local, baik berupa pullay tandem local, sit harnesses local, pullay single local, full body harnesses local yang hanya karena latah, atau ikut-ikutan hanya sekedar mencari keuntungan belaka namun jauh dari standar keselamatan.

Pilihan dalam pembelian peralatan outbound hi rope dan juga peralatan flying fox produk local, tetap berada pada konsumen sebagai pengguna peralatan tersebut, pintar-pintarlah memilih dan membeli peralatan safety permainan outbound. Carilah informasi sebanyak-sebanyaknya baik mengenai peralatan outbound yang akan dibeli, produk dari peralatan tersebut bahkan jika perlu profil dari penjual peralatan outbound juga kita ketahui, hal ini tentulah sangat berguna bagi kita apakah kita hanya sebagai pengguna peralatan outbound atau pun kita hanya sebagai penjual peralatan outbound atau reseller.

Mungkin saja saat ini sudah hadir atau dijual peralatan outbound yang mirip baik dari bentuk, dan harga yang lebih miring, namun apakah kita sudah yakin dengan standar keamanannya? Ada baiknya kita comper atau bertanya kepada orang-orang yang telah berpengalaman, atau kepada orang yang telah menggunakan perlaatan outbound, khususnya peralatan untuk wahana outbound di ketinggian yang telah lebih dulu memakainya, agar kita yakin dan agar kita tahu bahwa peralatan outbound produk local tersebut memang memenuhi standar keamanan, Mirip saja belum cukup..

TABULA ADVENTURE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *