Membangun Permainan Outbound

MEMBANGUN PERMAINAN OUTBOUND
Tulisan ini tentang Pembangunan Wahana Outbound ini, sengaja dibuat setidaknya agar Tabula Adventure dapat berbagi pengalaman dengan berbagai pihak, terutama yang ingin menjalani usaha atau bisnis di bidang Jasa Permainan Wahana Outbound, khususnya permainan Wahana Outbound Hi Rope atau Permainan ketinggian.
Berbagai model permainan ketinggian outbound dapat kita lihat di berbagai lokasi atau tempat yang memang memang menyediakan sarana wisata wahana outbound, bahkan sekarang seudah menyebar hamper ke seluruh bagian Indonesia, baik dalam konteks jual untuk wisata atau pun sebagai sarana pendukung dalam Pelatihan Program Pengembangan Karakter melalui metode-metode kegiatan alam bebas.

Berbagai jenis dan teknis permainan pun dihadirkan dari mulai berjalan di ketinggian, menggantung bahkan melompat atau ,meloncat di ketinggian, juga permainan meleuncur dengan lintasan slink baja yang sering disebut dengan permainan Flying Fox.Sedikit kami berbagi pengetahuan kami mengenaiPembangunan Wahana Outbound. Sekarang sudah tidak sulit mencari Penyedia Jasa Pembangunan Wahana Outbound, tinggal browsing, telepon, minta penawaran dan semoga deal.

Namun yang perlu diperhatikan oleh para usahawan yang ingin menjual wahana outbound, setidaknya kita harus memperhatikan factor lahan yang digunakan baik dari segi luas lahan yang tersedia untuk pembangunan wahana outbound, countour tanah hingga struktur dari tanah tersebut, karena hal ini akan mempengaruhi pada setidaknya kekuatan dan juga sisi keindahan dari Lay Out wahana Outbound tersebut nantinya jika sudah berdiri. Dan hal yang lebih penting lagi adalah fungsi dan nilai jual dari wahana tersebut.

Selain dari faktor yang telah disebutkan di atas, kita juga dalam pembangunan wahana outbound hendaknya memperhatikan juga daya dukung lainnya yang bisa digunakan untuk penghematan biaya pembangunan wahana outbound, mislanya, jika memang di bakal lokasi wisata outbound yang akan dibangun sarana outbound terdapat banyak pohon-pohon besar dengan minimal diameter 40 cm dan memiliki struktur pohon dan akar yang kuat, kenapa tidak kita manfaatkan, hal tentu aakan sangat menghemat biaya pembangunan dari pada kita harus membangunan sebuah Tower Outbound. Artinya jika memang banyak terdapat pohon-pohon besar pada lokasi yang akan dibuat area wisata outbound, kita dapat membuat model Wahana Hi Rope dengan Model Tree Top.

Pada pembangunan wahana outbound dengan menggunakan model Multi Line Hi Rope Games dengan membangun dan menggunakan tower-tower sebagai anchore untuk tiap lintasan permainan outbound, biayanya tidaklah sedikit, dan sebaiknya kita jangan memaksakan untuk menggunakan sepsifikasi besi atau Pipa besi yang tidak memenuhi standar keamanan dan keselamatan begitu juga dengan teknis-teknis struktur pondasinya, anchore back up nya. Terkadang sering sekali ditemukan dilapangan atau pada saat negosiasi untuk pembangunan wahana outbound, pihak owner mengusulkan agar tower yang akan dibangun menggunakan spesifikasi yang tidak memenuhi standar keamanan, dengan alasan untuk menghemat biaya. Padahal berpikir dengan cara ini, justru akan membuat kehancuran nama baik nantinya dari bendera usaha kita sendiri.

Jika menggunakan tower sebagai anchore lintasan permainan wahana outbound di ketinggian, hendaklah gunakan besi jika pipa besi pilihlah denbgan ketebalan minimal 3-4 mm dengan diameter minimal 6 inchi. Untuk pondasinya jika memang struktur tanahnya bagus dan kuat setidaknya buatlah kedalaman pondasi 2 m hingga 3 meter. Kalau memang jarak lintasan antar permainan maksimal 6 meter, kita dapat menggunakan besi connector penguat antar tower outboundnya. Selalu setiap tower hendaknya menggunakan anchore back up.
Satu hal yang peling penting adalah memberikan pekerjaan Pembangunan Wahana Outbound, sebaiknya pilihlah yang betul-betul berpengalaman, karena Jasa Pembangunan Wahana Outbound tidak hanya sekedar meliputi tentang struktur pondasi, konstruksi, tetapi dalam aplikasi penggunaannya sumber daya manusia dalam memfungsikan wahana outbound permainan ketinggian dibutuhkan skill yang mencakup pemahaman penggunaan alat-alat safety ketinggian, safety bagi pelakunya, juga perawatan peralatan safety.

Bersambung…

TABULA ADVENTURE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *